japanese cotton cheese cake


posted by aridhona on ,

No comments

Assalammu'alaikum wr wb

          Sebenarnya awal mula coba cake ini sudah sejak tahun 2014 akhir, saat saya masih di negeri orang dimana alhamdulillahnya peralatan baking lumayan lengkap dapat dari gomi(buangan) teman 😁, so mulai dari sana rajin coba2 resep cake salah satunya JCC ini.
Seriously cake ini tricky bangeeet, dulu masalahnya cuma cake ga mulus pinggirannya tapi kalau sekarang oven listriknya yg bermasalah kayaknya ntah apa saya yang belum kenal dengan beliau (ceileh beliau 😂). 
         Dari awal resep yang dipakai masih konsisten hasil ngintip blognya teh ricke, pasti pada tau semua kan 😁??? Yup beliau salah satu idolaku dalam dunia baking mem-baking ini hehe, yakin aja kalau pake resepnya beliau pastiii berhasil ye kaaaan 😄. Keberhasilan itu kuncinya satu, baca resep berulang-ulang, patuh dan jangan berimprovisasi kalo belum pernah tau alias pernah coba jadi kalo misalnya kalian nyobain dan gagal pasti kesalahan ada pada yg nyoba bukan resepnya 😉. Dah ah nyok kita cuss langsung ya ☺️

JAPANESE COTTON CHEESE CAKE


Resource : Ricke indriani ( adapted from diana’s dessert)
Rebaked : DonaDake

Bahan-bahan :

60gr terigu
20gr maizena
50gr butter
250gr cream cheese, suhu ruang
100ml susu cair
2sdt parutan kulit lemon
6 butir kuning telur

140gr gula pasir
6 putih telur
1/4sdt garam
1sdm perasan lemon

Cara membuat:
  1. Siapkan loyang bulat diameter 20 atau 22cm, alasi kertas roti. Sisihkan. Panaskan oven 150 derajat celcius.
  2. Campur dan ayak terigu dan maizena. Sisihkan.
  3. Campur butter, cream cheese dan susu cair. Panaskan diatas api kecil hingga meleleh, jangan terlalu lama yang penting sudah tercampur rata. Masukkan campuran terigu dan maizena, aduk rata. Sisihkan. Masukkan kuning telur, aduk rata. Masukkan parutan kulit jeruk lemon, aduk rata. sisihkan.
  4. Kocok putih telur dengan kecepatan rendah hingga berbusa lalu masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit, sambil terus di kocok dengan kecepatan sedang hingga mengembang dan membentuk kerucut busa tumpul ketika mixer diangkat (soft peak) untuk jelasnya bisa lihat video di youtube/ foto di google ya. 
  5. Ambil 1/3 bagian dari putih telur masukkan ke campuran cream cheese  aduk hingga rata. Masukkan campuran tersebut ke sisa adonan putih telur (teknik pancingan) aduk rata hingga homogen.
  6. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan teknik au bain marie ( steam bake atau loyang air) selama kurang lebih 75 menit atau hingga atas cake berwarna kuning kecoklatan (setiap oven berbeda jadi kenali oven masing-masing ya). keluarkan dari oven, hentakkan loyang satu kali lalu dinginkan cake. 
  7. setelah cake benar-benar dingin, keluarkan cake dari loyang. lepaskan kertas rotinya. cake siap disajikan dengan glaze/bisa juga dengan tabutan gula atau berbagai topping sesuai selera ya.

selamat mencoba, kalau gagal coba lagi lagi dan lagi ya..

wassalammu'alaikum  wr wb

Leave a Reply